readbud - get paid to read and rate articles

11 Agustus 2010

Keindahan Taman Wisata Kyai Langgeng - Magelang

Kyai Langgeng adalah sebuah nama yang diambil dari nama salah seorang pejuang di bawah pimpinan Pangeran Diponegoro, satu di antara pahlawan-pahlawan Indonesia yang berjuang dengan gagah berani merebut kemerdekaan melawan penjajah Belanda selama Perang Diponegoro(1825-1830). Dasar dijadikannya sebuah Taman dengan menggunakan Nama Kyai Langgeng karena almarhumah, dimakamkan di kawasan ini. Makam tersebut masih ada dan terawat hingga sekarang ini. Taman Kyai Langgeng terletak di Jalan Cempaka,hanya1Km dari Pusat Kota Magelang. Berwisata ke tamanini merupakan suatu keasyikan tersendiri.selain taman yang ditata secara rapi, banyak tawaran kenikmatan dengan keunikan-keunikan yang diniliki dan fasilitas-fasilitas lain tersedia di dalamnya. Suatu pesona panorama alam menakjubkan yang dapat mengisi “kekosongan jiwa” para pengunjungnya secara sempurna.
 
Ketika kehidupan kota yang sarat dengan segala problematika kesemrawutannya membiasakan kebosanan dan kejenuhan, orang membutuhkan suasana baru yang dapat memberi kenyamanan dan ketentraman.kita tahu bahwa saat sekarang kehidupan di perkotaan terbebani dengan aneka pencemaran(polusi) sebagai dampak pembangunan yang terus berkembang. Kemajuan teknologi di satu sisi memang mengangkat derajat ekonomi masyarakat, namun di sisi lain tetknologi memunculkan zat-zat beracun berbahaya yang selalu mengancam keselamatan manusia.limbah-limbah industri yang dibuang melalui cerobong pabrik mengeluarkan gas-gas seperti belerang/sulfur(S) dan timah hitam(Pb). Kendaraan bermotor membuang gas karbondioksida(CO2) dan methan(CH4), sisa-sisa obat-obatan pemberantas hama tanaman seperti DDT,dan sebagainya. Semua gas pencemar ini berakibat terganggunya kesehatan. Saat ini persoalan lingkungan yang sangat dikhawatirkan oleh semua bangsa/negara di dunia adalah semakin memanasnya suhu bumi(pemanasan global) akibat emisi gas karbondioksida(CO2) yang tidak terkendali.belum lagi orang harus memikirkan berbagaipersoalan sosial dan ekonomi yang dihadapinya. Untuk mengurangi beban, ketegangan bahkan stress sekalipun yang dibiasakan kehidupan kota dengan akibat modernisasinya seperti itu, keberadaan sebuah taman dapat memberikan jawabannya. Namun beberapa faktor penunjang yang menjadikan daya tarik harus disediakan, wisatawan biasanya ingin melihat sesuatu yang berbeda, sesuatu yang baru, sesuatu yang spektakuler, mereka ingin berwisata dengan sedikit usaha dan mereka ingin menggabungkan petualang mereka dengan kegiatan waktu senggang seperti berenang, berolah raga perahu/becak air, menyaksikan hiburan musik khas, dan sebagainya.
Potensi wisata yang dimiliki Taman Kyai Langgeng dapat diandalkan. Taman ini mengoleksi berbagai aneka flora dan fauna tropis yang langka. Ada cempaka ganda(Mycelia Cempakca), Dewa Daru(Eugenia Sp), Apel Bludru (Diospiros Rabbola),Nagasari (Mesua Ferrera), dan masih banyak lagi. Suasana alami sungguh terasa di taman ini, seolah pengunjung terbawa “kembali ke alam”(back to nature). Di dalam taman hijau ini terdapat satwa-satwa antara lain ular piton yang berasal dari Kedung Ombo, Burung Mambruk Elang(Falconidae), Bajing, Monyet, Rusa, Ayam Hutan dan beberapa satwa lain. Ada yang lebih unik dan aneh yakni dua lele yang sudah cukup tua usianya. Ikan lele jantan berusia sekitar 24 tahun lebih dan lele betina berusia kira-kira 54 tahun.
 
Fasilitas-fasilitas penunjang yang dimiliki Taman Kyai Langgeng adalah sebuah kolam renang yang dipisah menjadi dua dengan pembatas terapung. Masing-masing untuk anak-anak dengan kedalaman 1 meter dan untuk orang dewasa sedalam 2 meter. Kolam renang ini dilengkapi dengan menara peluncur bergelombang dan tentunya tempat bilas serta ganti. Di samping itu, pesona lain yang tersedia adalah koleksi patung-patung dinosaurus, gelanggang pemancingan, taman lalu-lintas, rumah akuarium, rumah kaca, panggung terbuka, arena untuk bermain go-cart, sungai untuk nerkano dan arung jeram, toko-toko cinderamata, pasar buah-buahan tropis, lapangan tennis di dalam ruangan dan hotel. Dengan fasilitas-fasilitas yang telah dimiliki tersebut, membanggakan kenyamanan udaranya yang cerah dengan matahari yang selalu bersinar, pandangan alam yang indah dan memukau, keramah tamahan yang wajar dan penuh kehirmatan. Ini semua menjadikan taman tersebut sebuah surga, paduan antara anugerah alam dan buatan manusia.
Taman Rekreasi Kyai Langgeng ini luasnya lebih dari 28 hektar dan berada pada jarak yang tidak jauh dari pusat Kota Magelang dan sangat mudah dicapai dengan kendaraan umum maupun pribadi.
Obyek wisata ini dapat dinikmati dengan berbagai cara misal anak-anak bisa bermain dengan berbagai permainan, ada juga kolam renang yang airnya selalu bersih dan segar atau hanya ingin bercengkerama dengan keluarga sambil menggelar tikar dan makan bersama saat makan atau bisa juga melihat aneka satwa dan flora yang ada di seluruh taman wisata ini. Dengan berkunjung ke Kyai Langgeng bisa merasakan ketentraman kehidupan alam pedesaan di tengah-tengah kota, khususnya di dekat sungai besar yang ada di pinggir komplek wisata dengan demikian para wisatawan diajak untuk meninggalkan kebisingan kehidupan kota sejenak dngan menikmati kehidupan alam yang indah, asri dan alami di taman wisata ini. Kyai Langgeng adalah seorang pejuang dan pengikut setia Pangeran Diponegoro pada Perang Diponegoro 1825-1830melawan penjajah Belanda, yang makamnya berada di dalam lokasi taman dan sebagai penghormatan maka namanya dipakai untuk nama taman wisata yang satu ini.
 
Taman Kyai Langgeng yang dibangun dan dikelola oleh Pemda Kodya magelang, muali resmi dibuka untuk umum pada tahun 1987 ini sudah mulai dikenal oleh pengunjung dari dalam maupun luar Jawa Tengah. Dengan cukup tersedianya koleksi satwa dan juga koleksi aneka ragam tanaman-tanaman langka juga aneka ragam kehidupan bunga tropis, juga tersedia kios-kios makanan, cendera mata juga hotel yang sangat menyatu dengan alam juga. Jadi tidaklah heran bagi banyak wisatawan yang berkunjung ke Yogya atau Jawa Tengah dan sekitarnya lebih menyukai bermalam di kota Magelang dan pada siang hari berwisata ke semua tujuan wisata yang ada.

2 komentar:

Gas zone mengatakan...

Terima kasih telah memberikan informasi Objek wisata, karena indonesia sangat kaya sekali tempat wisata di jabodetabek dan salah satu yang paling menarik adalah tempat wisata di bali dengan berbagai macam kuliner yang lezat dan enak. Salam kenal ya bro.
http://ariinfowisata.blogspot.co.id

Gas zone mengatakan...

Terima kasih telah memberikan informasi Objek wisata, karena indonesia sangat kaya sekali tempat wisata di jabodetabek dan salah satu yang paling menarik adalah tempat wisata di bali dengan berbagai macam kuliner yang lezat dan enak. Salam kenal ya bro.
http://ariinfowisata.blogspot.co.id